KAJIAN PENGANGKUTAN MENGGUNAKAN INOVASI LOADING RAMP DIVISI DAN LOADING RAMP CENTRAL TERHADAP BUAH RESTAN DI DIVISI II KEBUN SUNGAI BIRU ESTATE KALIMANTAN BARAT

Raihan Reza, Hamami (2023) KAJIAN PENGANGKUTAN MENGGUNAKAN INOVASI LOADING RAMP DIVISI DAN LOADING RAMP CENTRAL TERHADAP BUAH RESTAN DI DIVISI II KEBUN SUNGAI BIRU ESTATE KALIMANTAN BARAT. Final Report thesis, POLITEKNIK LPP YOGYAKARTA.

[thumbnail of RAIHAN REZA HAMAMI_1905105.pdf] Text
RAIHAN REZA HAMAMI_1905105.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Panen Angkut Olah (PAO) yang menjadi aspek penentu dalam meningkatkan produksi dan kualitas minyak yang di kirim ke pabrik dengan memperkecil resiko kerugian dari buah restan di lahan. Divisi II Kebun Sungai Biru Estate melakukan
inovasi menggunakan Loading Ramp Divisi (LRD) dan Loading Ramp Central(LRC) dalam sistem pengangkutan. Loading Ramp Divisi (LRD) merupakan tempat pengumpulan buah hasil langsiran unit traktor di divisi, Loading Ramp Central (LRC) merupakan tempat pengumpulan buah yang terletak di pinggir
kebun yang menampung seluruh buah dari setiap divisi yang nantinya akan di kirim ke Pabrik Kelapa Sawit (PKS) menggunakan truk dari pihak ketiga kerjasama perusahaan dengan masyarakat setempat/vendor. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan sistem pengangkutan sebelum dan setalah penggunaan inovasi LRD (Loading Ramp Divisi) dan LRC (Loading Ramp Central) berdasarkan restan (buah tinggal) yang dihasilkan di Divisi II kebun Sungai Biru Estate (SBIE). Penelitian di laksanakan di Divisi II, Kebun Sungai Biru Estate, PT. Sawit Kapus Kencana, Kalimantan Barat pada bulan Agustus – Januari 2023 menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan menganalisis,
menggambarkan, dan meringkas berbagai kondisi, situasi dari berbagai data yang dikumpulkan baik data kebun maupun hasil pengamatan mengenai masalah yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa restan (buah tinggal) mengalami penurunan sebesar 16,30% dengan perbedaan tonase restan 480,25. Restan terjadi karena beberapa faktor yaitu ; sistem pengangkutan, keadaan unit/alat angkut, jarak pabrik kelapa sawit dengan kebun, kondisi jalan, topografi, dan curah hujan. Kerugian yang terjadi akibat restan yaitu hilangnya bobot buah dalam perhari 2,5-3% hal ini sangat mempengaruhi hasil produksi kelapa sawit.
Kata Kunci ; Kelapa Sawit, Restan, LRD, LRC.

Item Type: Thesis (Final Report)
Creators:
Creators
NIM/NIDN
Raihan Reza, Hamami
19.05.105
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDK/NIDN
Thesis advisor
Azhari, Rizal, S.Tr., M.MA
0505129301
Thesis advisor
Syammuddin, Harahap, S.Tr.,M.MA
0527049202
Corporate Creators: Politeknik LPP Yogyakarta
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 630 Pertanian > 634 Perkebunan, buah-buahan dan ilmu kehutanan
Thesis Strata: Diploma IV
Divisions: DIV Budidaya Tanaman Perkebunan
Depositing User: Raihan Reza Hamami
Date Deposited: 05 Oct 2023 05:22
Last Modified: 05 Oct 2023 05:22
URI: https://repository.polteklpp.ac.id/id/eprint/4489

Actions (login required)

View Item
View Item